Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SNI ISO 37001:2016)

PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia perusahaan yang bergerak di bidang Penyelenggaraan Layanan Kliring dan Penjaminan Transaksi Efek berkomitmen untuk mewujudkan budaya anti penyuapan dalam melaksanakan kegiatan operasi perusahaan.

Untuk memenuhi hal tersebut, Dewan Komisaris dan Direksi beserta seluruh Insan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, BERKOMITMEN antara lain:

  1. Tunduk dan patuh kepada peraturan perundang-undangan anti penyuapan yang berlaku, serta melakukan evaluasi kepatuhan secara berkala.
  2. Melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Insan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia sesuai dengan Good Corporate Governance (GCG), Pedoman Perilaku, Pedoman Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Pedoman Pengendalian Gratifikasi, dan Pedoman Whistle-blowing System (WBS).
  3. Menerapkan zero tolerance terhadap perbuatan Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Fraud serta Penyuapan yang dilakukan oleh Insan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia dan pihak terkait.
  4. Menyediakan sarana yang mudah dan aman untuk pelaporan atas dugaan perbuatan Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Fraud serta Penyuapan yang dilakukan oleh Insan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia dan rekan bisnis.
  5. Menjamin kerahasiaan, keselamatan dan perlindungan hukum bagi pelapor yang telah memberikan informasi atau laporan atas dugaan pelanggaran Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
  6. Melakukan peningkatan berkelanjutan dalam penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
  7. Mematuhi Kebijakan Sistem Manajemen Anti Penyuapan dengan bersungguh-sungguh serta mendukung seluruh langkah dan kebijakan Pemerintah Indonesia dalam rangka pencegahan serta pemberantasan Korupsi, Kolusi, Nepotisme, Fraud, dan Penyuapan

Oleh karenanya implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dilakukan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI ISO) 37001:2016 di lingkungan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia dengan menjalankan prinsip 4 NO’s yaitu:

  1. No Bribery: tidak boleh ada praktik suap menyuap dan pemerasan;
  2. No Kickback: tidak boleh ada komisi, tanda bentuk terima kasih dalam bentuk uang maupun dalam bentuk lainnya;
  3. No Gift: tidak boleh ada hadiah atau gratifikasi yang bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  4. No Luxurious Hospitality: tidak boleh ada penyambutan atau jamuan yang berlebihan.

Dengan ini kami mengharapkan peran aktif seluruh pengguna jasa, rekan bisnis maupun pemangku kepentingan lainnya untuk dapat mendukung implementasi SMAP tersebut dengan seluruh insan KPEI secara berintegritas dan bebas dari tindakan penyuapan.

Apabila Bapak/Ibu mengetahui adanya tindakan penyuapan atau pelanggaran lain yang dilakukan oleh insan KPEI, agar melaporkannya melalui email kepada tim Whistle Blowing System (WBS) KPEI.

Pelaporan dapat dilakukan melalui surat elektronik (email) sebagaimana ditentukan dalam Teknis Pelaporan Sistem Pelaporan Pelanggaran.

Dalam rangka menjaga kerahasiaan pelapor dan mencegah keengganan pihak internal dan/atau eksternal untuk melaporkan pelanggaran, email tersebut hanya dapat diakses oleh Tim Pengelola Pelaporan Pelanggaran. Diperbolehkan pelaporan secara anonymous namun wajib menyertakan kontak (disarankan menggunakan samaran) yang dapat dihubungi.